WELCOME TO YAMAHA BYSON CLUB INDONESIA

WELCOME TO YAMAHA BYSON CLUB INDONESIA

[Tips] Cara Mengatasi Karburator Byson Ngadat

Senin, 02 Februari 2015

Berbagi pengalaman memelihara si kebo besi yang sudah mulai uzur umurnya, karena tinggal 8 bulan lagi umur garansi mesin dari pabrikan akan segera habis umur tepatnya 2,4 tahun. Bayangkan jika kita memelihara kebo beneran berapa keuntungan yang akan kita dapat, hehe maaf intermezo lagi kena hobi beternak.
Pengalaman merawat dan memelihara si kebo yamaha byson black edition, pada tahun pertama sampai 1,5 tahun berikutnya aman-aman saja, walaupun sering mendengar bahwa yamaha byson rawan ngadat di jalan karena ada cacat pada bagian karburator. Menginjak 18 bulan keatas baru deh ngerasain di kerjai si kebo, mungkin sobat bysoner juga pernah ngerasain kejadian antara lain :
  1. Lagi boncengan nganter sodara bertiga tiba-tiba macet, didorong minggir sambil di starter kemudian di engkol baru idup lagi .. malu banget motor kinclong mogok.
  2. Saat di lampu merah posisi di tengah, karena gas kecil tiba-tiba mati di starter-starter ngak hidup-hidup akhirnya dorong kepinggir ungtung pake helm full face jadi gak malu-malu banget.
  3. Dipinjam kawan tidak berapa lama di telpon “motornya mogok ngak mau di starter, gimana?”, sabar dan berdo’a sambil di engkol jawabku…hehe.
Selama hampir 10 bulan saya mengalami tekanan batin mengendarai si kebo byson. Setiap bulan service ke dealer langganan selalu ditanya, keluhanya apa mas? saya mengulang kata-kata “biasa suka ngadat”, si mekanik menimpali “iya byson memang itu penyakitnya”, walah ngak ada solusi kreatif sama sekali pikirku. Malah si mekanik cerita “kemaren ada yang coba ganti karburator baru tapi masih sama hasilnya”, sama aja dong masbro…

Solusi Mengatasi Karburator Yamaha Byson yang Sering Ngadat

Simpel saja ceritanya, karena saya juga awam masalah otomotif. Awal cerita saya hijrah tempat service dari dealer langganan yang tanpa solusi, ke dealer Maruman Siger di jalan bypass Bandar Lampung. Disana saya diberitahu oleh mekaniknya pangilannya Mas Ipung, saya disarankan mengganti jarum spuyer atau Pilot Jet dari ukuran standar byson kode ujungnya 15 ke ukuran 20.
Kode Pilot Jet 20 dan Bentuk Pilot Jet
Kode Pilot Jet 20 dan Bentuk Pilot Jet
Kata mas Ipung kenapa byson sering ngadat, karena pasokan bahan bakar kurang saat di gas jadi mbrebet sampai ngadat. Pengalaman mas Ipung sudah mengganti lebih dari 20 unit motor byson dengan pilot jet ukuran 20 dan hasilnya lumayan gak ada yang kompalin lagi bahwa motor yamaha byson nya ngadat.
Modal beli pilot jet yang di maksud harganya 50 rebu, di dealer pun tidak ada barang tersebut belinya di toko tempat modifikasi kalau pasangnya pas kita service gratis tapi kalau berniat hanya pasang itu kena biaya jasa 15 rebu.
Jika anda pemilik byson dan mengalami kendala seperti diatas anda bisa mencoba trik ini.

Source
Share this article :

1 komentar:

  1. Boss, ane jg ngalamin kejadian serupa, di B.lpg juga nih, bole tau beli Pilot Jet nya dimana?

    BalasHapus

 
Support : Mahasiswa Lugu | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. YBCI Official - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger